Langsung ke konten utama

Manfaat air hujan untuk tanaman

 

Air hujan adalah sumber air yang bebas dari berbagai macam kandungan kimia dan mineral yang terdapat pada air tanah atau air sungai. Air hujan dapat memberikan manfaat yang besar bagi pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai manfaat air hujan bagi tanaman serta penjelasan ilmiah mengenai mekanisme yang terjadi pada tanaman saat menerima air hujan.

Manfaat Air Hujan untuk Tanaman

1. Memberikan Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tanaman

Air hujan mengandung nitrogen yang diperoleh dari oksigen dan nitrogen di atmosfer. Nitrogen adalah nutrisi yang penting bagi tanaman karena berperan dalam proses pertumbuhan dan pembentukan daun. Selain itu, air hujan juga mengandung unsur-unsur lain seperti kalium, kalsium, magnesium, dan sulfur yang penting untuk pertumbuhan tanaman.

2. Meningkatkan Ketersediaan Air pada Tanah

Tanah yang terlalu kering akan menyebabkan tanaman sulit untuk mendapatkan air dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Air hujan dapat membantu meningkatkan ketersediaan air pada tanah. Hal ini karena air hujan akan meresap ke dalam tanah dan membantu mengembangkannya sehingga tanah dapat menyerap lebih banyak air dan nutrisi.

3. Meningkatkan Produktivitas Tanaman

Air hujan dapat membantu meningkatkan produktivitas tanaman. Hal ini terjadi karena air hujan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dan meningkatkan ketersediaan air pada tanah. Dengan adanya nutrisi dan air yang cukup, tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah atau hasil yang lebih banyak.

4. Meningkatkan Kualitas Tanaman

Air hujan dapat membantu meningkatkan kualitas tanaman. Hal ini terjadi karena air hujan mengandung oksigen yang penting bagi tanaman untuk melakukan proses fotosintesis. Dengan melakukan proses fotosintesis, tanaman dapat menghasilkan karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

5. Mengurangi Biaya Pemeliharaan Tanaman

Air hujan dapat membantu mengurangi biaya pemeliharaan tanaman. Hal ini terjadi karena dengan adanya air hujan, petani tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli pupuk dan air irigasi yang mahal. Selain itu, air hujan juga dapat membantu mengurangi biaya listrik yang biasa digunakan untuk menghidupkan sistem irigasi pada saat musim kemarau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurikulum dan Nilai Rujukan Kurikulum

BAB I PENDAHULUAN Pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas suatu bangsa. Di massa reformasi yang juga diikuti oleh pemberlakuan otonomi daerah berdasarkan Undang-Undang nomor 2 tahun 1999 serta Undang-undang nomor 25 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah memiliki dampak logis pada kewenangan daerah yang semakin otonom, termasuk di dalamnya menyangkut Pendidikan. Pendidikan adalah salah satu investasi yang akan menghasilkan manusia-manusia yang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pembangunan suatu bangsa. Yang memiliki mutu dan kualitas serta manfaat (benefit) individu, social atau institusional akan diperoleh secara bervariasi. Akan tetapi, manfaat individual tidak akan diperoleh secara cepat (quick yielding), tetapi perlu waktu yang cukup lama, bahkan bisa satu generasi bidang pendidikan. Maksudnya dalam hal ini adalah sistem yang berkesinambungan dan berkelanjutan (continue). Pendidikan juga tidak bisa dilepaskan

Pengertian Kurikulum dan Komponen-komponen Kurikulum

Kurikulum             Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Sedangkan menurut Hilda Taba (1962), Kurikulum sebagai a plan for learning , yakni sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh siswa. Sementara itu, pandangan lain mengatakan bahwa kurikulum sebagai dokumen tertulis yang memuat rencana untuk peserta didik selama di sekolah. Aspek yang tidak terungkap secara jelas tetapi tersirat dalam definisi kurikulum sebagai dokumen adalah bahwa rencana yang dimaksudkan dikembangkan berdasarkan suatu pemikiran tertentu tentang kualitas pendidikan yang diharapkan. Perbedaan pemikiran atau ide akan menyeb

Perkembangan Anak Dulu dan Kini

Development (perkembangan) adalah pola perubahan yang dimulai sejak perubahan, yang berlanjut sepanjang rentang hidup. Dimana perkembangan melibatkan pertumbuhan dan juga melibatkan penuaan. Perkembangan anak sangatlah menarik perhatian masyarakat tetapi menurut sejarah, minat akan ilmu perkembangan anak masih kurang.  Pandangan Sejarah Terhadap Masa Kanak-kanak             Masa kanak-kanak telah menjadi masa yang begitu unik sehingga sulit untuk kita bayangkan bahwa masa tersebut tidak selalu dianggap berbeda dengan masa dewasa. Meskipun demikian, pada abad pertengahan di Eropa hukum kriminalitas anak-anak dengan orang dewasa tidak dibedakan. Menurut Philippe Aries (1962) menyimpulkan bahwa masyarakat Eropa sebelum tahun 1600 tidak memberikan status khusus terhadap anak-anak.             Sepanjang sejarah, para ahli filosofi telah melakukan spekulasi mendalam tentang karakteristik anak-anak dan bagaimana seharusnya mereka di besarkan. Di sejarah Eropa muncul tiga pandanga