Langsung ke konten utama

Sepitank Agar Tidak Cepat Penuh


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgG6Eouhl2KL05pEcfqbgSTudw4F6Sa3oPufNgXLlPYD1j4tKKzwTA-nVDeKquCo_RmW1jy_aN5u2KR92JHxLVYwcOKA8Y3se8buGws829X86y4PETgQ8wPLlTdB2oxFhrTFFE3WR3EfdSc/s1600/jamban+desa.jpgSepitank adalah suatu tempat penampungan kotoran manusia yang tentunya harus tepat pembuatan, tempat dan fungsinya. Pada artikel ini saya mencoba memaparkan beberapa tips agar sepitank kita tidak cepat penuh dan tidak mencemari tanah di sekitar sepitank nya.
Cara agar sepitank tidak cepat penuh dengan membuat saluran berbeda antara saluran pembuangan kotoran manusia dan saluran pembuangan air, air ditergent, dan limbah rumahan yang lainnya. Sebagai contoh lihat gambar berikut.

Mengapa saya menganjurkan membedakan saluran dari pembuangan di kamar mandi ini karena bila limbah rumah di buang di saluran pembuangan maka limbah itu akan masuk ke sepitank dan tentunya akan menyebabkan sepitank cepat penuh alias kotoran yang ada di sepitank tidak terurai oleh mikroba yang ada di tanah dan tanah pun akan tercemar oleh limbah rumah.
Meskipun sepitank pada dasarnya untuk membuang limbah namun sangat dianjurkan sekali jangan sesekali membuang limbah rumah ke saluran sepitank agar para mikroba untuk mengurai kotoran tidak manti karena bahan kimia.
Selain membedakan saluran pembuangan sepitank dan limbah rumah agar sepitank tidak cepat penuh ada cara lain yaitu dengan membuat sepitank dengan tidak bersudut. Pada umumnya sepitank berbentuk segi panjang atau berbentuk persegi namun sebenarnya sepitank yang tidak bersudut sangat membatu pekerjaan mikroba pengurai kotoran. Mikroba pengurai akan mudah tertempel pada sudut sudut sepitank maka alangkah baiknya sudut sudut sepitank dibuat melengkung agar mikroba pengurai dapat bekerja secara maksimal menguraikan feses.
Tips terakhir dari saya agar sepitank tidak mencemari lingkungan tempat tinggal dengan cara membuat sepitank minimal berjarak 10 meter dari sumber air bersih (sumur), dan 3 meter dari pipa air bersih.
Mohon bagi pembaca beri masukan terhadap blog saya atau silahkan kasih komentar tentang artikel saya :) terimakasih.
 

Komentar

  1. Kalo rumahnya kecil gimana mau bs jarak 10meter rumah dikota yg penghasilan kecil rumahnya juga kecil

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurikulum dan Nilai Rujukan Kurikulum

BAB I PENDAHULUAN Pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas suatu bangsa. Di massa reformasi yang juga diikuti oleh pemberlakuan otonomi daerah berdasarkan Undang-Undang nomor 2 tahun 1999 serta Undang-undang nomor 25 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah memiliki dampak logis pada kewenangan daerah yang semakin otonom, termasuk di dalamnya menyangkut Pendidikan. Pendidikan adalah salah satu investasi yang akan menghasilkan manusia-manusia yang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pembangunan suatu bangsa. Yang memiliki mutu dan kualitas serta manfaat (benefit) individu, social atau institusional akan diperoleh secara bervariasi. Akan tetapi, manfaat individual tidak akan diperoleh secara cepat (quick yielding), tetapi perlu waktu yang cukup lama, bahkan bisa satu generasi bidang pendidikan. Maksudnya dalam hal ini adalah sistem yang berkesinambungan dan berkelanjutan (continue). Pendidikan juga tidak bisa dilepaskan

Pengertian Kurikulum dan Komponen-komponen Kurikulum

Kurikulum             Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Sedangkan menurut Hilda Taba (1962), Kurikulum sebagai a plan for learning , yakni sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh siswa. Sementara itu, pandangan lain mengatakan bahwa kurikulum sebagai dokumen tertulis yang memuat rencana untuk peserta didik selama di sekolah. Aspek yang tidak terungkap secara jelas tetapi tersirat dalam definisi kurikulum sebagai dokumen adalah bahwa rencana yang dimaksudkan dikembangkan berdasarkan suatu pemikiran tertentu tentang kualitas pendidikan yang diharapkan. Perbedaan pemikiran atau ide akan menyeb

Perkembangan Anak Dulu dan Kini

Development (perkembangan) adalah pola perubahan yang dimulai sejak perubahan, yang berlanjut sepanjang rentang hidup. Dimana perkembangan melibatkan pertumbuhan dan juga melibatkan penuaan. Perkembangan anak sangatlah menarik perhatian masyarakat tetapi menurut sejarah, minat akan ilmu perkembangan anak masih kurang.  Pandangan Sejarah Terhadap Masa Kanak-kanak             Masa kanak-kanak telah menjadi masa yang begitu unik sehingga sulit untuk kita bayangkan bahwa masa tersebut tidak selalu dianggap berbeda dengan masa dewasa. Meskipun demikian, pada abad pertengahan di Eropa hukum kriminalitas anak-anak dengan orang dewasa tidak dibedakan. Menurut Philippe Aries (1962) menyimpulkan bahwa masyarakat Eropa sebelum tahun 1600 tidak memberikan status khusus terhadap anak-anak.             Sepanjang sejarah, para ahli filosofi telah melakukan spekulasi mendalam tentang karakteristik anak-anak dan bagaimana seharusnya mereka di besarkan. Di sejarah Eropa muncul tiga pandanga